• Rab. Agu 12th, 2020

    Aqidah Islamiyah (Bag.17)

    Byadmin

    Jul 21, 2020

    Aqidah Islamiyah
    Bagian 17

    Dan yang dimaksud Salafiyun adalah nisbat kepada mereka (orang-orang terdahulu dari generasi Salafus Shalih).

    Ikhwati fillah, perlu dikatahui bahwa Ahlussunnah wal Jama’ah atau As-Salafiyun adalah orang-orang memiliki aqidah yang lurus, oleh karena itu Allah ta’ala memuji meraka dan memuji orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik Allah ta’ala berfirman:

    وَالسّٰبِقُوْنَ الْاَوَّلُوْنَ مِنَ الْمُهٰجِرِيْنَ وَالْاَنْصَارِ وَالَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِحْسَانٍۙ رَّضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ وَاَعَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ – ١٠٠

    “Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. At-Taubah: 100)

    Perhatikan ayat diatas,

    ((وَالسّٰبِقُوْنَ الْاَوَّلُوْنَ مِنَ الْمُهٰجِرِيْنَ وَالْاَنْصَارِ))

    “Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar” maksudnya meraka adalah generasi Sahabat Nabi ﷺ.

    ((وَالَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِحْسَانٍۙ))

    “dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik” maksudnya siapapun seseorang yang mengikuti para sahabat dengan baik. Maka akan mendapatkan Ridho-Nya Allah, sebagaimana firman Allah ta’ala :

    ((رَّضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ))

    “Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah”.

    Dan Allah akan siapkan untuk meraka surga, sebagaimana firman Allah ta’ala:

    ((وَاَعَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ))

    “Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya”
    Dan Allah ta’ala berfirman:

    ((ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ ))

    “Itulah kemenangan yang agung”

    Tentang generasi ini Rasulullah ﷺ bersabda:

    خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

    “Sebaik-baik manusia ialah pada generasiku, kemudian generasi berikutnya, kemudian generasi berikutnya.” (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 3651, dan Muslim, no. 2533)

    Oleh karena itu Ikhwati fillah, hendaknya kita mengikuti generasi Salaf shalih ini, adapun penisbatan orang-orang yang mengikuti salaf disebut dengan Salafiyyun, ini adalah nama lain dari Ahlussunnah wal jama’ah.

    Penisbatan ini adalah penisbatan yang haq dan terpuji, Syaikhul Islam Ibnu Taumiyyah Rahimahullah berkata:

    “…لَا عَيْبَ عَلَىْ مَنْ أَظْهَرَ مَذْهَبَ السَّلَفِ وَ انتسب إِلَيْهِ وَاعْتَزَى إِلَيْهِ, بَلْ يَجِبُ قَبُوْلُ ذَلِكَ مَنْهُ بِاالتِّفَاقِ, فَإِنْ مَذْهَبَ السَّلَفِ لَا يَكُوْنُ إِلَّا حَقًّا”

    “Tidak tercela bagi orang yang menampakkan Madzhab Salaf serta menisbatkan diri meraka dan meyandarkannya, bahwa wajib menerima hal tersebut, karena sesungguhnya madzab salaf itu adalah benar”. (Majmu’ Fatawa: 4/149.)

    🖋️ Akhukum : Abu Ya’la Kurnaedi