• Rab. Agu 12th, 2020

    Aqidah Islamiyah (Bag.15)

    Byadmin

    Jul 21, 2020

    Aqidah Islamiyah
    Bagian 15


    Kenapa Ahlussunnah Wal Jama’ah Itu Terjaga?

    Jawabanya karena meraka betul-betul mengikuti sunnah Rasul ﷺ, Allah ta’ala menjaga Ahlussunnah wal jama’ah dari penisbatan kepada selain Sunnah Rasulullah ﷺ yang terjaga dari kesalahan dan kesesatan, dimana Allah telah kabarkan didalam Al-Quran tentang sifat Rasulullah shallallahu alaihi wassalam, Allah ta’ala berfirman :

    وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوٰى –(٣) اِنْ هُوَ اِلَّا وَحْيٌ يُّوْحٰىۙ –(٤)

    “Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Qur’an) menurut keinginannya. Tidak lain (Al-Qur’an itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS. Thaha: 3-4)

    Imam Malik Rahimahullah pernah ditanya, “siapakah yang dimaksud Ahlussunnah wahai Aba Abdillah?”
    Imam Malik Rahimahullah menjawab: “mereka adalah orang-orang yang tidak dikenal (tidak punya laqob tertentu), tidak disebut sebagai pengikut Jahmiyyah, Rafidhah, dan tidak juga Qadariyyah.
    📒 (Syarh tas-hil Al-Aqidah al-Islamiyah, hal : 37)

    Ada kejadian yang sangat menarik dari Abdullah bin Abbas Radiyallahu ‘anhuma, dia berkata:

    قال لي معاوية رحمة الله عليه أنت على ملة علي رحمة الله عليه؟ قلت : لا، و لا على ملة عثمان، أنا على ملة رسول الله صلى الله عليه وسلم.

    pernah suatu saat Muawiyah Radiyallahu ‘anhu berkata kepadaku: “wahai Ibnu Abbas, sesungguhnya engkau berada pada Millahnya (agamanya) Ali”, maka Abdullah bin Abbas menjawab : “Tidak!, aku juga tidak berada pada millahnya Utsman, tetapi aku berada pada millahnya Rasulullah ﷺ.
    📒 (Syarh Ushul I’tiqad Ahlis Sunah, Al-Lalika-i, : 1/94)

    Ikhwati fillah. Dalam kisah diatas terdapat pelajaran yang sangat menarik, bahwa seseorang berada diatas millahnya Nabi Muhammad ﷺ, bukan pada millah yang lain, inilah yang seharusnya kita ambil, yang kita pegang dan kita amalkan serta yang kita yakini. dan tidak boleh Islam terkotak-kotak atau terpecah-pecah, wajib semuanya kembali kepada Sunnah Nabi ﷺ.