• Rab. Agu 12th, 2020

    Aqidah Islamiyah (Bag.19)

    ByTeam Admin

    Jul 20, 2020

    AQIDAH ISLAMIYAH (Beriman kepada Allah ‘azza wa jalla)

    Sebuah kisah dari Syaikh Shalih Al Utsaimin Rahimahullah :

    Bahwa, ada kelompok (firqoh) bernama Sumaniah mereka orang yang tidak percaya terhadap adanya Allah subhanahu wa ta ala dan mereka mendatangi sorang ulama yang bernama Al imam Abu Hanifah (seorang ulama yang sangat cerdas).
    Terjadi diskusi dengan sang imam tentang ada atau tidaknya Allah, kemudian imam Abu Hanifah menyuruh mereka datang kembali sekitar sehari atau dua hari lagi dan kemudian merekapun datang kepada Imam Abu Hanifah.

    Mereka bertanya kepada Imam Abu Hanifah : “Apa yang kau katakan”

    Lalu Imam Abu Hanifah menjawab, “Saya sedang memikirkan sebuah perahu kapal yang berisi dengan penuh barang-barang dan muatan kemudian kapal tersebut membelah lautan hingga singgah di sebuah pelabuhan, dan barang-barang tersebut turun dengan sendirinya dan setelah itu kapal itu kembali berlayar kembali Anehnya di kapal tersebut tidak ada Nahkoda dan tidak ada juga awak kapal.”

    Lalu mereka (kaum sumaniah) berkata, “Kau sedang memikirkan hal ini?”

    Kemudian Abu Hanifah menjawab, “Iya, saya sedang memikirkan hal ini”

    Kemudian mereka berkata, “Kalau begitu wahai Abu Hanifah engkau tidak punya akal, apakah masuk akal sebuah perahu datang tanpa ada Nahkoda kemudian berlayar kembali”

    Kemudian Imam Abu Hanifah berkata, “Bagaimana kalian mengatakan ini tidak masuk akal sedangkan kalian mengatakan (Langit, Matahari, bulan, bintang-bintang, gunung, pepohonan, binatang, bahkan manusia) tidak ada yang menciptakan semua itu”

    Dan kemudian mereka tidak bisa menjawab, sebagian ulama mengatakan bahwa setelah itu kemudian mereka bertaubat.

    Di dalam shahih Bukhari dari Jubair bin Muth’im tatkala itu dia masih belum menjadi muslim, dalam hadist ini Bukhari no.4854 dan beliau datang ke Madinah untuk membebaskan tahanan perang sehabis perang badar, beliau ketika malam hari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat maghrib dan membaca surah At – Tur ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surah At – Tur, Jubair bin Muth’im ketika itu masih musyrik dan kafir berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca di shalat maghrib surah At – Tur, ketika sampai pada ayat 35 jantungku hampir copot”

    Allah subhanahu wa ta ala berfirman :

    أَمْ خُلِقُوا مِنْ غَيْرِ شَيْءٍ أَمْ هُمُ الْخَالِقُونَ

    Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?

    أَمْ خَلَقُوا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۚ بَلْ لَا يُوقِنُونَ

    Ataukah mereka telah menciptakan langit dan bumi itu?; sebenarnya mereka tidak meyakini (apa yang mereka… (QS At-Thur : 35)

    Allah Subhahu wa Ta’ala berfirman :

    اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْ حَآ جَّ اِبْرٰهٖمَ فِيْ رَبِّهٖۤ اَنْ اٰتٰٮهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ ۘ اِذْ قَا لَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّيَ الَّذِيْ يُحْيٖ وَيُمِيْتُ ۙ قَا لَ اَنَاۡ اُحْيٖ وَاُ مِيْتُ ۗ قَا لَ اِبْرٰهٖمُ فَاِ نَّ اللّٰهَ يَأْتِيْ بِا لشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِيْ كَفَرَ ۗ وَا للّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

    “Tidakkah kamu memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya karena Allah telah memberinya kerajaan (kekuasaan). Ketika Ibrahim berkata, Tuhanku ialah yang menghidupkan dan mematikan, dia berkata, Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan. Ibrahim berkata, Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah ia dari barat. Maka bingunglah orang yang kafir itu. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zalim” (QS. Al-Baqarah/2: Ayat 258)

    Diringkas dari kajian Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi.