• Rab. Agu 12th, 2020

    Aqidah Islamiyyah (Bag.13)

    ByTeam Admin

    Jul 13, 2020

    Aqidah Islamiyah
    Bagian 13

    Makna Ahlussunnah Wal Jama’ah

    Fadhilatus Syaikh Abdul Aziz An-Nashir Ar-Rasyid Rahimahullah berkata:

    أهل السنة أي هم المختصون و المتمسكون بها و المعتنون بدراستها و فهمها المحكمون لها في القليل و الكثير…

    Ahlus sunnah mereka adalah orang-orang yang khusus, orang-orang yang berpegang teguh dengannya, orang-orang yang perhatian (terhadapnya) dengan mempelajari dan memahaminya, orang-orang yang berhukum dengannya baik dalam segala urusan.

    الجماعة لغة الفرقة من الناس و المراد بهم هنا أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم و من تبعهم بإحسان إلى يوم القيامة.

    Jama’ah secara bahasa artinya: sekelompok manusia, dan yang dimaksud dengan mereka disini adalah: para sahabat Nabi shallallahu alaihi wassalam serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat.
    (At-Tanbihat As-Saniyyah,hal:19)

    Syaikh Dr.Abdullah bin abdul Aziz Al-Jibrin Rahimahullah berkata: “Mereka adalah orang-orang yang berpegang teguh dengan Aqidah shahihah yang bersih dari kotoran-kotoran bid’ah dan khurafat, ia merupakan aqidah yang Rasulullah ﷺ yang berada diatasnya, dan para sahabatnya radhiallahu anhum telah bersepakat diatasnya”.
    (Syarh Tas-Hil Al-Aqidah Al-Islamiyah, hal:33)

    Kenapa Mereka Disebut Dengan Ahlussunnah?

    Jawabannya: Karena penisbatan mereka kepada Sunah Nabi shallallahu alaihi wassalam, dan karena amal mereka sesuai dengan tuntutan dari sunah Nabi ﷺ, yang mana sunnah itu merupakan penjelas bagi Al-Qur’an, sebagai pengamalan terhadap sabda Nabi ﷺ:

    فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّيْنَ الرَّاشِدِيْنَ، تَمَسَّكُوْا بِهَا وَعَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ.

    “Maka wajib atas kalian berpegang teguh kepada Sunnahku dan Sunnah Khulafaur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigit-lah dia dengan gigi geraham kalian”.
    (HR. Abu Dawud: 4607)

    Mereka mengetahui bahwa petunjuk Nabi Muhammad ﷺ adalah sebaik-baik petunjuk, oleh karena itu mereka mendahulukan sunnah Nabi ﷺ diatas segala-galanya, inilah rahasianya mengapa mereka disebut dengan Ahlussunnah.
    (At-Tanbihat As-Saniyyah, Hal:19, Syarh Tas-Hil Al-Aqidah Al-Islamiyah, hal:33-34)

    Kenapa Mereka Disebut Dengan Jama’ah?

    Jawabannya: karena mereka berkumpul diatas Ittiba’ kepada sunah Nabi ﷺ serta berada diatas Ijma’ Salaf dari umat ini, mereka berkumpul diatas aqidah yang haq dan aqidah Islam yang lurus yang bersih dari berbagai macam kotoran.
    (Syarh Tas-hil Al-Aqidah Al-Islamiyah, hal:34)