• Rab. Agu 12th, 2020

    Jenis Hewan Qurban

    Byadmin

    Jul 12, 2020

    (3). Jenis Hewan Qurban

    Jenis hewan qurban yang disyariatkan telah ditentukan oleh Allah yaitu dari kalangan “bahimatul an’am” hewan ternak berupa unta, sapi/kerbau dan kambing. Allah berfirman:

    “Dan bagi setiap umat Kami syariatkan penyembelihan qurban agar kalian mengingat nama Allah atas rizki yang dilimpahkan kepada kalian berupa bahimatul an’am.” (Al-Hajj: 34)

    Sekelompok Ulama menukil ijma’ akan tidak sahnya berqurban selain jenis unta, sapi dan kambing (Shohih Fiqh 2/369). Tidak ternukil dari Nabi ﷺ dan para shohabat beliau berqurban dengan selain ketiga jenis ini.

    (4). Qurban yang Paling Utama

    Al-Imam Ibnu Hazm berkata, “Qurban yang paling utama adalah unta, kemudian sapi, kemudian kambing; masing-masing untuk satu orang. Kemudian seekor unta untuk tujuh orang, kemudian seekor sapi untuk tujuh orang. Jenis jantan lebih utama dari yang betina, yang gemuk lebih utama dari yang kurus, dan yang bertanduk lebih utama dari yang tidak.” (Al-Muhalla 7/372)

    Dalilnya sabda Nabi ﷺ:

    “Barangsiapa yang mendatangi masjid untuk sholat jumat pada waktu pertama maka dia laksana berqurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang mendatanginya pada waktu kedua maka laksana berqurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang mendatanginya pada waktu ketiga maka laksana berqurban dengan seekor kambing. Barangsiapa yang mendatanginya pada waktu keempat maka laksana berqurban dengan seekor ayam. Barangsiapa yang mendatanginya pada waktu kelima maka laksana berqurban dengan sebutir telur.” (HR. Al-Bukhori 841 dan Muslim 850)

    Maka berqurban dengan seekor kambing lebih utama daripada sapi urunan tujuh orang. Adapun perbuatan Nabi ﷺ yang berqurban dengan kambing maka dipahami oleh para Ulama sebagai sikap rahmah beliau ﷺ demi meringankan umatnya.

    (5). Usia Minimal Hewan Qurban

    Nabi ﷺ bersabda:

    لا تذبحوا إلا مسنة إلا أن تعسر عليكم فتذبحوا جذعة من الضأن

    “Janganlah kalian menyembelih (qurban) selain musinnah kecuali jika kalian kesulitan memperolehnya maka boleh menyembelih jadza’ah dari domba.” (HR. Muslim 1963)

    Para Ulama berkata yang dimaksud musinnah adalah tsaniyyah. Tsaniyyah pada unta memasuki usia 5 tahun, tsaniyyah pada sapi masuk usia 2 tahun, tsaniyyah pada kambing masuk usia 1 tahun. Sedangkan jadza’ pada domba masuk usia 6 bulan.

    https://t.me/manhajulhaq