Anak Adalah Anugrah Terindah

https://t.me/MuliaDenganSunnah

Imam Al- Baihaqi berkata :

“Anak merupakan kenikmatan dan anugerah Allah. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

والله جعل لكم من أنفسكم أزواجا و جعل لكم من أزواجكم بنين و حفدة.

“Allah menjadikan bagi kamu, istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu.”

[QS. An- Nahl: 72]

يهب لمن يشآء إناثا و يهب لمن يشاء الذكور.

“Dia (Allah) memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki.”

[QS. Asy-syuaraa’ : 49]

Allah telah mengabarkan kepada kita bahwa Dia telah memberikan nikmat kepada kita dengan mengeluarkan dari tulang rusuk kita seorang makhluk yang serupa dengan diri kita. Allah juga mengabarkan kepada kita bahwa anak perempuan merupakan anugerah dan pemberian Allah seperti anak laki-laki. Dan Dia mencela kaum yang tidak menyukai anak perempuan.

Dijelaskan dalam firman Nya:

وإذا بشر أحدهم بالأنثى ظل وجهه مسودا وهو كظيم.

“Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitam (merah padam)lah mukanya, dan dia (menjadi) sangat marah.”

[QS. An-Nahl: 58]

Imam Ahmad bin Hanbal, apabila lahir anak perempuan untuknya maka beliau pun berkata,

“Sungguh, kebanyakan anaknya para nabi adalah perempuan.”

Beliau juga berkata, “Telah datang beberapa hadits tentang hiburan merawat anak perempuan.

“UNTUKMU WAHAI ORANG TUA YANG BELUM DIKARUNIAI ANAK. Yakinlah bahwa semua ini merupakan takdir Allah dan berbaik sangkalah engkau kepada Nya.

Allah Ta’ala berfirman;

لله ملك السموت واﻻرض يخلق ما يشآء يهب لمن يشآء إناثاو يهب لمن يشآءالذكور (٤٩) أو يزوجهم ذكرانا وإناثا و يجعل من يشآء عقيما إنه عليم قدير (٥٠)

“Kepunyaan Allah lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki. Atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa) yang di kehendaki Nya, dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha kuasa.”

(QS. Asy Syura: 49-50)

Juga, lakukanlah segala usaha untuk mendapatkan anak dengan segala cara yang tidak melanggar syari’at seperti konsultasi dengan para ahli, orang berpengalaman dalam masalah ini, meminum obat-obatan dan ramuan-ramuan dan lain sebagai nya.

Semoga dengan demikian, Allah akan mewujudkan keinginan kita.

Bila segala hal telah engkau lakukan namun tetap saja gagal, maka yakinlah bahwa Allah telah memilihkan yang terbaik bagimu, bersabarlah dan serahkan semua ini hanya kepada Allah saja.

UNTUKMU WAHAI ORANG TUA YANG DI TINGGAL MATI OLEH ANAKNYA.

Kuatkanlah keimananmu dan bersabarlah menghadapi musibah ini, semoga Allah menjadikan anak-anakmu tersebut kelak menjadi manfaat bagimu di akhirat. Dan,…UNTUKMU WAHAI ORANG TUA YANG TELAH DI ANUGERAHI ANAK.

Bersyukurlah kepada Allah dan tunaikanlah amanatmu sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, semoga engkau memetik buahnya didunia dan akhirat.

Diambil dari buku “Bekal Menanti Si Buah Hati”

Karya : Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As Sidawi

Ditulis ulang oleh Amahnya Ubaidah

Editor : Admin Asy-Syamil.com

Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.

Jazakumullahu khoiron.

Tinggalkan Balasan

Ukhuwah Fil Hijrah