Ayah dan Ibu yang Menderita

Orangtua yang telah sukses membesarkan anak-anaknya ialah yang berhasil mendidik mereka menjadi shalih dan shalihah, yang selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta yang senantiasa berbakti kepada kedua orangtuanya.

Apalah artinya orangtua yang memiliki anak yang kaya, menduduki jabatan yang tinggi, memiliki penghasilan yang besar dll, tapi mereka durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya, serta tidak berbakti kepada kedua orangtuanya.

“Tahukah kalian siapa orang yang mandul itu ? Kami berkata : “Orang yang mandul itu adalah orang yang tidak memiliki anak”.

Rasulullah ﷺ bersabda :

“Bukan itu orang yang disebut mandul, tetapi orang yang punya banyak anak, tetapi anak-anaknya tidak ada yang memberi manfaat kepadanya sesudah dia meninggal dunia”

(HR. Muslim no. 2608, Hadits dari Abdullah bin Mas’ud)

Apabila orangtua melalaikan, meremehkan, serta tidak mau memperdulikan pendidikan anaknya, maka anak itu akan menjadi luka di tenggorokannya dalam kehidupan dunia, dan menjadi sebab ditimpakannya adzab kepada orangtuanya kelak di akhirat.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Janganlah seorang Ibu menderita karena anaknya, dan jangan (pula) seorang Ayah (menderita) karena anaknya” (QS. Al-Baqarah [2]: 233)

“Katakanlah : “Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari Kiamat”. Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata” (QS. Az-Zumar [39]: 15)

Ditulis oleh Ustadz Najmi Umar Bakkar, حفظه الله تعالى

“Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun…”

HR.MUSLIM

BAROKALLAHUFIKUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *