Sirah

كتاب نزهة الفضلاء تهذيب سير اعلام النبلاء للإمام محمد بن احمد بن عثمان الذهبي رحمه الله.

abu abd rahman bin muhammad suud al atsary.

1) Ali bin Abi Thalib radiyallahu anhu.

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda,

لأعطين الراية رجلا يحب الله و رسوله و يحبه الله و رسوله و يفتح الله على يديه.

Benar benar aku akan serahkan rayyah (bendera) ini, pada seorang yang dia cinta Allah dan rasul Nya, juga Allah dan rasul Nya cinta pada nya, dan Allah memberi kemenangan kaum muslimin dengan tangannya.

Ia adalah keturanan abdul manaf, Ali bin abu thalib bin abdul muthalib bin hasyim bin abdul manaf, abu hasan al quraisy. Ibunya, fatimah bintu asad bin hasyim bin abdul manaf. Fatimah bintu asad termasuk wanita yang ikut hijrah bersama nabi di madinah dan wafat saat nabi masih hidup. Ali meriwayatkan banyak hadits, dan belajar quran di hadapan nabi. Tidak ada yang paling di sukai ali, kecuali kunyah abu thurab.

Abu raja’ berkata, aku melihat ali saat ia sudah tua, berambut tebal, mengenakan baju wol, dan berperut besar (gemuk) serta jengotnya tebal.

Hasan berkata, abah ku masuk islam saat umur sembilan tahun.

Qotadah berkata, ali adalah pembawa bendera rasulullah saat perang badar, dan perang lainnya.

Dari al barra, nabi berkata pada ali, engkau di sisiku, sebagaimana kedudukan harun di sisi musa.

Ibnu abbas berkata, ali adalah orang yang paling bijaksana dalam hukum, sedang ubay (bin kaab) adalah qori yang paling bagus bacaannya.

Masruq berkata, puncak ilmu ada pada umar, ali, dan abu abdullah (di masanya).

Hasan bin hayyi berkata, ketika orang orang membangakan orang orang zuhud di sisi umar bin abdul aziz, maka umar berkata, orang yang paling zuhud adalah ali.

📚 kitab nuzhat fudhala tahzib siyar alami nubala 109-114.

2) Capaian, sifat, dan wafat nya Ali bin abu thalib .

Abu tufail meriwayatkan dari Ali bin abu thalib , ia berkata,

اشدد حيازيمك للموت

فإن الموت لاقيكا

و لا تجزع من القتل

إذ حل بواديكا

Persiapkan lah diri menghadapi kematian. Karena kematian pasti mendatangimu. Jangan takut pada pembawa kematian (orang yang membunuh). Jika ia turun di wadi (tempat bernaung /lembah) mu.

Abu hayyan berkata, ali menyapu baitul mal lalu shalat sunnah di dalamnya, dengan harapan bisa menjadi saksi bahwa ia tidak mengambil apapun dari kaum muslimin.

Setelah utsman terbunuh, kaum muslimin mengangkat ali sebagai khalifah.

Dari asyabi, ali berkata, kami tidak memiliki harta selain seekor domba, kami tidur di sampingnya, dan fatimah membuat adonan roti di sampingnya.

Dari jurmuz, aku melihat ali keluar dari rumahnya, dengan sarung setengah lutut, dan ikatan serban, dengan memegang tongkat berjalan di pasar,

Ia menasehati manusia agar bertaqwa, dan mengatakan, penuhi timbangan, dan jangan campur daging dengan air untuk memperberatnya.

Sekelompok orang berkata pada ali, wahai ali bertaqwa lah, engkau akan mati,

Ali menjawab, bahkan akan terbunuh.

Kemudian manusia memperhatikan pakaian ali, melihatnya ali berkata, ada apa dengan pakaianku?, ini bukan pakaian kemasyhuran, dan bukan pakaian orang sombong, dan hendaknya manusia meneladaniku dalam pakaian.

Wafatnya.

Yunus meriwayatkan,

Bahwa pada ramadhan, saat musibah menimpa ali, ibnu nabah mengumandangkan adzan, lalu ali berdiri, sampai di pintu sempit, tiba tiba abdullah bin muljam yang bersembunyi, memukulnya dengan pedang,

Putrinya (ummu kultsum) keluar, lalu berteriak, ada apa dengan subuh??? Suamiku (umar) di bunuh saat subuh, dan ayahku di bunuh saat subuh?

dari al kalbi, dari hasan bin ali, ayahnya ali bermimpi, anakku, tadi malam setelah shalat, aku bangunkan keluarga kita, karena ini malam jumat, aku teringat terjadinya perang badar, saat 17 ramadhan, lalu mataku berat, dan tertidur, lalu aku bermimpi bertemu rasulullah shalallahu alaihi wa salam.

Lalu ibnu nabah datang dan mengumandangkan adzan, maka beliau keluar, dan di buntuti dua orang, hantaman pedang pertama mengenai pintu, dan hantaman pedang kedua mengenai kepalanya.

Jafar bin muhammad berkata, ali keluar dengan tongkat nya, yg biasa di gunakan mengetuk pintu manusia agar keluar shalat, lalu ibnu muljam keluar, dan menghantam nya dengan pedang.

Khalifah ali bisa bertahan dari hari jumat dan sabtu, pada malam ahad beliau wafat.

Muhammad bin hanafiyah, berkata, manusia menangkap ibnu muljam,

Ia (ibnu muljam)orang yang tampan, berkulit kuning, bergigi rengang, rambutnya panjang sebahu, dan di dahinya ada tanda sujud,

Abu bakr ayyas berkata, hasan menshalati bapaknya, dan kemudian di makamkan di kufah (irak) sementara kuburan nya di sembunyikan agar tidak di culik orang khawarij, atau di agungkan oleh kelompok syiah.

Al baqir berkata, ali wafat pada umur 58 tahun.

Hasan bin ali pernah berkutbah, kamarin kalian telah di tinggalkan orang tidak ada yg mengungguli nya dalam ilmu, kecuali orang sebelumnya, dan tidak ada generasi terakhir yg menandinginya, rasulullah shalallahu alaihi wa salam memberinya bendera, dia seorang yang dalam jihadnya tidak pernah undur, hingga Allah memberi kemenangan, beliau tidak meninggalkan harta, kecuali sembilan ratus dirham, yang mau di sedekahkan untuk kerabatnya dan budak budaknya.

Kekuasaan kaum muslimin di masa ali meliputi yaman, hijaz, najed, mesir, syam, irak dan lebih luas lagi.

📜Kitab nuzhat fudhala tahzib siyar alami nubala 115-118.


Instagram : instagram.com/ukhuwahfilhijrah
Facebook : facebook.com/ukhuwahfilhijrah
Artikel : Ukhuwahfillhijrah.com
Telegram chanel : http://t.me/ukhuwahfilhijrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *