SALAFI BUKAN ALIRAN TERTENTU TETAPI PENISBATAN KEPADA SALAF

๐Ÿ“–๐Ÿ“ SALAFI BUKAN ALIRAN TERTENTU TETAPI PENISBATAN KEPADA SALAF

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู…ุง ุจุนุฏ

Salafi bukanlah suatu aliran atau kelompok tertentu, akan tetapi salafi adalah penisbatan kepada para salaf yaitu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, sahabat, dan generasi terbaik setelahnya yaitu tabiโ€™in dan tabi’ut tabiโ€™in.

Bagi yang sudah belajar bahasa Arab tentu mereka paham, bahwa kata โ€œsalafโ€ (ุณู„ู) jika ditambahkan huruf โ€œyaa’ nisbahโ€ maka artinya adalah penisbatan kepada salaf. Sebagaimana kata yang sudah sering kita dengar โ€œIslamiโ€ adalah penisbatan kepada Islam. Jadilah โ€œpakaian Islami, akhlak Islami dan lain-lainโ€.

Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menjelaskan bahwa beliau adalah โ€œsalafโ€. Beliau berkata kepada putri beliau yaitu Fathimah:

ุงูุชู‘ูŽู‚ููŠู’ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽุงุตู’ุจูุฑููŠ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ู†ูุนู’ู…ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽูู ุฃูŽู†ูŽุง ู„ูŽูƒู

โ€œBertakwalah kamu dan bersabarlah karena sesungguhnya sebaik-baik Salaf bagi kamu adalah akuโ€. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Begitu juga Sabda Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam kepada putrinya yang hendak akan meninggal,

ุงูู„ู’ุญูŽู‚ููŠู’ ุจูุณูŽู„ูŽููู†ูŽุง ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญู ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ู…ูŽุธู’ุนููˆู’ู†ู.

โ€œSusul-lah para salaf (pendahulu) kita yang shalih, Utsman bin Mazhโ€™un.โ€ (HR ath Thabrani di dalam al Muโ€™jam al Ausath no. 5736)

Demikian juga dengan penyebutan โ€œdakwah salafiyahโ€. Bagi yang sudah belajar bahasa Arab tentu paham. Artinya adalah dakwah menyeru kepada pemahaman (metodologi) para salaf dalam beragama. Para salaf tersebut adalah generasi terbaik dalam Islam yang mana pemahaman agama mereka yang paling baik dan tentu harus kita ikuti. Sebagaimana sabda NabiShallallahu โ€˜alaihi wa sallam

ุฎูŽูŠู’ุฑููƒูู…ู’ ู‚ูŽุฑู’ู†ููŠุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ููˆู†ูŽู‡ูู…ู’ุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู„ููˆู†ูŽู‡ูู…

ู’โ€œGenerasi terbaik adalah generasi di zamanku, kemudian generasisetelahnya (tabiโ€™in), kemudian generasi setelahnya (tabiโ€™ut tabiโ€™in).(HR. Bukhari 2651 dan Muslim 6638)

Jadi jika ada ungkapan โ€œsaya keluar dari salafiโ€, tentu belum memahami benar istilah ini dan semoga mereka yang berkata demikian bisa memahami dan mendapatkan kebaikan yang banyak.

Kenapa sih kok ada istilah salafi?

Merujuk kepada hadits mengenai umat akan terpecah belah menjadi 73 golongan (aliran) semuanya akan masuk neraka (tidak kekal) kecuali satu yang selamat. Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุณูŽุชูŽูู’ุชูŽุฑูู‚ู ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉู ูˆูŽุณูŽุจู’ุนููŠู†ูŽ ู…ูู„ู‘ูŽุฉู‹ุŒ ูƒูู„ู‘ูู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู‹. ู‚ููŠู„ูŽ: ู…ูŽู†ู’ ู‡ููŠูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู‘ูŽู‡ู„ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽุง ุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจููŠู’

โ€œUmatku akan terpecah belah menjadi 73 golongan. Semuanya masuk neraka, kecuali satu golongan. Beliau ditanya, โ€˜Siapakah dia wahai Rasulullah?โ€™ Beliau menjawab, โ€˜(Golongan) yang menempuh jalan hidup (manhaj) yang aku dan para sahabatku tempuh.โ€(HR. At-Tirmidzi )

Nah, satu yang selamat inilah yang dimaksudkan oleh para ulama. Berdasarkan penelitian para ulama nama satu kelompok ini ada banyak misalnya Firqatun najiyyah, Ahlus sunnah wal jamaah, ahlul Hadits, Salafi dan lain-lain.

Dahulunya para ulama mengenalkan dan mempopulerkan istilah ahli hadits atau ahlus sunnah wal jamaah, akan tetapi tatkala semua pihak dan aliran yang menyimpang juga mengaku bahwa mereka adalah ahlus sunnah wal jamaah, maka para ulama belakangan mempopulerkan istilah โ€œsalafiโ€, akan tetapi saat inipun cukup banyak yang mengaku salafi tetapi akhlak, agama dan kepribadian mereka tidak sesuai dengan akhlak dan agama para salaf.

Jika ada yang berkomentar,
โ€œSalafi itu aliran keras dan maunya menang sendiri sajaโ€

Bisa jadi karena ulah โ€œoknumโ€ yang mengaku-ngaku salafi. Cara bijak menyikapinya adalah jangan digeneralisir. Padahal para salaf mengajarkan agar dakwah itu hukum asalnya lembut, menghindari debat kusir walaupun kita menang secara ilmu, murah senyum dan berwajah ceria, serta menginginkan kebaikan kepada saudaranya.

Jika ada yang berkomentar,
โ€œSalafi itu gampang membidโ€™ahkan, mengkafirkan, dikit-dikit bidโ€™ahโ€.

Bisa jadi karena ulah โ€œoknumโ€ yang mengaku-ngaku, tetapi jangan digeneralisir. Padahal para salaf mengajarkan agar tidak sembarangan membiโ€™dahkan dan mengkafirkan. Kehormatan seorang muslim itu tinggi. Jika benar seseorang melakukan perbuatan bidโ€™ah atau syirik, maka pelakunya belum tentu langsung otomatis dicap ahli bidโ€™ah dan ahli kesyirikan karena bisa jadi ada udzur syarโ€™i.

Ingat, para salaf mengajarkan, dakwah adalah menginginkan kebaikan kepada saudaranya, caranya harus baik dan lembut dan tepat keadaan. Jika dakwah diterima alhamdulillah, jika ditolak mka mereka didoakan serta tidak boleh dimusuhi karena mereka adalah saudara kita dan memiliki hak-hak persaudaraan seIslam.

Ulama sejak dahulu sudah menggunakan Istilah โ€œsalafโ€

Kata โ€œsalafโ€ bukanlah kata-kata yang baru ulama sejak dahulu sdah menggunakannya. Bahkan Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam sebagaimana pada hadits yang kami bawakan di awal.

Berikut kami nukil perkataan ulama-ulama sejak zaman dahulu yang sudah dikenal oleh kita:

1.Imam Asy-Syafiโ€™i rahimahullah (wafat 204 H)

ูˆุฃุนุฑู ุญู‚ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุฐูŠู† ุงุฎุชุงุฑู‡ู… ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู„ุตุญุจุฉ ู†ุจูŠู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูˆุงู„ุฃุฎุฐ ุจูุถุงุฆู„ู‡ู…ุŒ ูˆุงู…ุณูƒ ุนู…ุง ุดุฌุฑ ุจูŠู†ู‡ู… ุตุบูŠุฑู‡ ูˆูƒุจูŠุฑู‡

โ€œDan aku mengakui hak para SALAF yang telah dipilih oleh Allah untuk menemani Nabi-Nya shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, dan menerima keutamaan-keutamaan mereka, dan aku menahan diri dari perkara yang mereka percekcokan baik yang kecil atau besar.โ€ (Al-Amru bi-ittibaโ€™, As-Suyuthiy)

2. Ahli tafsir Ibnu Katsir rahimahullah

ูˆุฃู…ุง ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: { ุซูู…ู‘ูŽ ุงุณู’ุชูŽูˆูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู } ูู„ู„ู†ุงุณ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ู‚ุงู… ู…ู‚ุงู„ุงุช ูƒุซูŠุฑุฉ ุฌุฏุงุŒ ู„ูŠุณ ู‡ุฐุง ู…ูˆุถุน ุจุณุทู‡ุงุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ูŠูุณู„ูƒ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ู‚ุงู… ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ: ู…ุงู„ูƒุŒ ูˆุงู„ุฃูˆุฒุงุนูŠุŒ ูˆุงู„ุซูˆุฑูŠ ูˆุงู„ู„ูŠุซ ุจู† ุณุนุฏุŒ ูˆุงู„ุดุงูุนูŠุŒ ูˆุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ุŒ ูˆุฅุณุญุงู‚ ุจู† ุฑุงู‡ูˆูŠู‡ ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุŒ ู…ู† ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ู‚ุฏูŠู…ุง ูˆุญุฏูŠุซุงุŒ ูˆู‡ูˆ ุฅู…ุฑุงุฑู‡ุง ูƒู…ุง ุฌุงุกุช ู…ู† ุบูŠุฑ ุชูƒูŠูŠู ูˆู„ุง ุชุดุจูŠู‡ ูˆู„ุง ุชุนุทูŠู„

โ€œSedangkan firman Allah taโ€™ala: โ€˜Kemudian Dia istiwaโ€™ di atas โ€˜Arsyโ€™, maka orang-orang dalam masalah ini mempunyai pendapat yang sangat banyak. Dan ini bukanlah tempat untuk menjabarkannya. Pendapat inilah yang ditempuh oleh mazhabnya AS-SALAF ASH-SHALIH yaitu Imam Malik, Al-Auzaโ€™i, Sufyan Ats-Tsauri, Al-Laits bin Saโ€™ad, Asy-Syafiโ€™i, Ahmad bin Hambal, Ishaq bin Rohuyah dan imam-imam kaum muslimin baik yang dahulu dan sekarang, yakni menetapkannya tanpa takyif, tasybih dan taโ€™thil.(Tafsir Ibnu Katsir 3/426-427, syamilah)

3. Imam An-Nawawi rahimahullah berkata

ูˆูŽุงุญู’ุชูŽุฌู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู โ€“ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ โ€“ ุจูู…ูŽุง ุฑูŽูˆูŽู‰ ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุฏููŠู†ูŽุงุฑูุนู† ุงุจู† ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุฑูู‡ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฏู‘ูŽู‡ูู†ูŽ ูููŠ ุนูŽุธู’ู…ู ูููŠู„ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽูŠู’ุชูŽุฉูŒุŒ ูˆุงู„ุณู„ู ูŠุทู„ู‚ูˆู† ุงู„ูƒุฑุงู‡ุฉ ูˆ ูŠุฑูŠุฏูˆู† ุจู‡ุง ุงู„ุชุญุฑูŠู…

โ€œImam Asy-Syafii rahimahullah berhujjah dengan yang diriwayatkan oleh Amr bin Dinar dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma bahwa beliau memakruhkan memakai minyak dari tulang gajah, karena itu bangkai. Dan para SALAF memberikan istilah dengan makruh sedangkan maksud mereka adalah pengharaman.โ€ (Al-Majmuโ€™ 1/127)

Demikian semoga bermanfaat

Penyusun: Raehanul Bahraen

Pemurajaah: Ustadz Abu Yazid Nurdin

Artikel www.muslim.or.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *